Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Rabu, 20 Juli 2022

Kabapas Bersama Radio Suara Rakyat Hulonthalo Bahas Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum

 



Gorontalo, Kamis (21/7) — Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo Bapak RM Dwi Arnanto bersama Ketua LKS Ummu Syahidah melaksanakan Sosialisasi terkait Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum di Radio Suara Rakyat Hulonthalo. 


Kabapas menyampaikan Open Statement bahwa Bapas Gorontalo mempunyai tugas dalam pendampingan Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum mulai dari tingkat Kepolisian sampai Pengadilan. Namun Bapas Gorontalo selalu berupaya menghindarkan Anak diproses di Persidangan dengan mengupayakan Diversi maupun Mediasi.


Kabapas juga menanggapi pertanyaan dari pendengar radio bahwa masyarakat bisa langsung mendatangi kantor Bapas Gorontalo untuk berkonsultasi dalam penanganan Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum. Bapas bersama LKS mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan memulihkan mental Anak.


Terkait dengan Putusan Hakim, Kabapas menjelaskan bahwa mekanismenya jika perkara diupayakan Diversi akan dilakukan Penetapan Pengadilan namun dalam kasus tertentu yang masuk dalam persidangan akan ada Putusan Hakim. Namun ada juga Anak yang dilakukan penitipan dari Kepolisian dalam proses penyidikan kepada di LKS untuk diikutkan Rehabilitasi. 


Klien Anak juga dihadirkan di Studio untuk memperkenalkan Lembaga Penyiaran Publik. Kegiatan ini termasuk dalam rekreasi, Anak sangat antusias saat mengetahui dan menyaksikan secara langsung siaran radio yang akan menambah wawasan bagi klien Anak. 


( Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo )

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support