Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Rabu, 01 Juni 2022

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi SKB Tentang Implementasi Keadilan Restoratif Bagi Pelaku Dewasa di Gorontalo

 



Gorontalo, Kamis (2/6) - Balai Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo ditunjuk sebagai panitia pelaksanaan Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Surat Keputusan Bersama Tentang Implementasi Keadilan Restoratif Bagi Pelaku Dewasa di Gorontalo yang diselenggarakan di Hotel Aston Gorontalo. 


Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Gorontalo, Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Pengadilan Tinggi Gorontalo, Kepala BNN Provinsi Gorontalo, Polda Gorontalo, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten / Kota di Provinsi Gorontalo, Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten / Kota di Provinsi Gorontalo, Lembaga Bantuan Hukum dan seluruh peserta. 


Bapak Direktur Pujo Harinto, Bc.IP., S. Sos., M.Si memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah melakukan langkah-langkah progresif melalui pengurangan jumlah narapidana yang masuk, maka prediksi over crowded pada tahun 2025 bisa mencapai 136%. Ditjen Pas memberikan kemudahan pelayanan pemberian program diantaranya Crash Program 2019, Asimilasi, Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Pembebasan Bersyarat. 86.957 Narapidana telah dikeluarkan dari Lapas namun tetap perlu langkah untuk mengurangi Overcrowded dengan dukungan penerapan keadilan restoratif dari seluruh Instansi Penegak Hukum lainnya. 


Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Bapak Heni Susila Wardoyo membuka kegiatan dan menyampaikan sambutan yakni perlu perjanjian kerjasama antara 4 instansi penegak hukum untuk menjembatani dalam penerapan keadilan restoratif agar tidak timbul ego sektoral dan bisa saling mengontrol. Bapas Gorontalo juga telah menjalin kerjasama dengan Pokmas Lipas sebagai sarana alternatif pembinaan bagi pelaku pidana keadilan restoratif. 


Selanjutnya adalah penyampaian Materi dari Koordinator Litmas dan Pendampingan Ditjen Pas ibu Darmalingganawati, Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan. 


#kemenkumham

#kemenkumhamgorontalo

#henisusilawardoyo

#pujoharinto

#bapasgorontalo

#keadilanrestoratif

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support