Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Senin, 21 Maret 2022

Pendekatan Persuasif Melalui Konseling, Kunci Keberhasilan Pembimbingan Bapas Go

 


Balai Pemasyarakatan (Bapas) sebagai pranata melakukan bimbingan terhadap Klien Pemasyarakatan memiliki peran yang semakin strategis dalam sistem pemasyarakatan.


Bapas Go sebagai satu satunya Bapas di Provinsi Gorontalo saat ini memiliki 21 PK Pertama, 4 PK Muda dan 4 Asisten PK. Dengan wilayah kerja mencakup satu provinsi Gorontalo membuat tantangan dalam pelaksanaan pembimbingan bagi Pembimbing Kemasyarakatan semakin tinggi. Maka dari itu, perlu adanya strategi atau pendekatan yang tepat dalam pelaksanaannya, agar Pembimbingan dapat berjalan dengan baik dan tercapai tujuan dari program pembimbingan.


Salah satu strategi yang dilakukan oleh PK Bapas Go adalah dengan melakukan Pendekatan persuasif personal kepada klien pemasyarakatan. PK Bapas Go menganggap klien adalah saudara, teman dan keluarga sehingga melalui konseling individu di ruang konseling, Klien tidak segan membangun komunikasi dua arah. 


Melalui pendekatan persuasif ini mampu menekan angka tingkat residivisme klien Bapas Go. Tercatat berdasarkan aplikasi Spion (Sistem Informasi Pencabutan Online) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan selama tahun 2021, hanya 7 Klien pemasyarakatan Bapas Go yang melakukan tindak pidana ulang dan menjadi salah satu yang terendah se-Indonesia.


#KumhamPasti

#SemakinPasti

#KemenkumhamGorontalo

#BapasGoACTION

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support