Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Selasa, 08 Februari 2022

Penggalian Data di Sekolahan Klien Anak, Pembimbing Kemasyarakatan Melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas)

 



Gorontalo, Senin (7/2) – Pembimbing Kemasyarakatan melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan terhadap klien Anak di Sekolah tempat klien menempuh pendidikan.


PK Bapas sebelumnya telah melaksanakan pendampingan pemeriksaan awal terhadap klien Anak pada hari rabu 2 Februari 2022 di Polres Gorontalo Kota. Klien Anak diperiksa Penyidik Unit PPA Polres Gorontalo Kota dalam perkara pengeroyokan dan di dampingi orang tua Klien, Pembimbing Kemasyarakatan dan Penasehat Hukum. Awal kejadian tindak pidana pengeroyokan karena kesalahpahaman klien Anak yang merasa korban memainkan gas motor dan kemudian melakukan pengeroyokan kepada korban yang berlokasi di Sekolahan.


Penggalian data di sekolahan sangat perlu untuk dilakukan terhadap 5 klien Anak karena untuk mengetahui latar belakang pendidikan klien Anak beserta sikap selama mengikuti proses pendidikan di sekolahan tersebut. Demi mengedepankan kepentingan terbaik bagi Anak, PK Bapas juga melakukan koordinasi dengan pihak Sekolah untuk bersama-sama mengawasi sekaligus mencari penyelesaian perkara yang dihadapi oleh klien Anak. Perilaku dan tindakan Anak bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolahan namun yang paling utama adalah tanggung jawab kedua orang tua Anak. 


Memberikan perhatian, pembinaan dan bimbingan kepada Anak sangat perlu dilakukan agar kejadian serupa bisa terhindarkan. Masa depan Anak masih sangat panjang, perlindungan terhadap hak anak harus dikedepankan. Penyelesaian diluar proses peradilan menjadi jalan utama demi kepentingan terbaik bagi Anak.


#BapasGoAction

#kemenkumhamgorontalo

#KamiPasti

#SemakinPASTI

#KumhamPASTI

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support