Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Rabu, 16 Februari 2022

Bapas Gorontalo Ikuti Sosialisasi Hasil Penelitian Hukum dan HAM melalui Diskusi Opini "Obrolan Peneliti"

 


Gorontalo, Rabu (16/2) – Kaur TU, Kasubsi BKD dan PK Bapas Gorontalo mengikuti Diskusi OPINI "Obrolan Peneliti" dengan tema “Kualitas Layanan Bantuan Hukum sebagai Perwujudan Akses Keadilan" yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.


Kegiatan Diawali dengan pembukaan oleh Kepala Balitbang Hukum dan HAM RI Ibu Sri Puguh Budi Utami. Permasalahan dalam layanan bantuan hukum diantaranya layanan belum berpihak pada kelompok rentan, peran paralegal belum optimal, persebaran OBH tidak merata, serta Akses layanan bantuan hukum secara prosedural masih menyulitkan masyarakat. Ibu Sri Puguh Budi Utami berharap agar terus memperbaiki kualitas layanan bantuan hukum kedepannya.


Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Bapak Hantor Situmorang menyampaikan bahwa bantuan hukum merupakan hak konstitusional setiap warga negara atas jaminan perlindungan hukum dan jaminan persamaan di depan hukum. Sebagai sarana pengakuan Hak Asasi Manusia mendapatkan bantuan hukum bagi setiap orang adalah perwujudan dari akses keadilan.


Dalam kegiatan ini juga diisi oleh narasumber lain diantaranya dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Gorontalo Bapak Yusrianto Kadir, Analis Hukum Ahli Madya/ Koordinator Bidang Meta Bapak Adi Ashari dan Praktisi Hukum Bapak Darwin Botutihe.


“Pelayanan Bantuan Hukum di Kanwil Gorontalo secara umum di nilai telah dilaksanakan dengan baik dan berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini di dukung dengan fakta bahwa Organisasi Bantuan Hukum yang aktif dalam pengawasan pelayanan hukum adalah Kantor Wilayah Hukum dan HAM” Ujar Darwin.


#BapasGoAction

#kemenkumhamgorontalo

#KamiPasti

#SemakinPASTI

#KumhamPASTI

#HantorSitumorang

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support