Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Senin, 03 Januari 2022

PK Bapas Go Melaksanakan Litmas Pembinaan Tahap Awal dan Assesment Kepada 21 Anak Didik Pemasyarakatan LPKA Gorontalo

 



Gorontalo, Selasa (4/1) – Sejumlah 8 Pembimbing Kemasyarakatan melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) Peminaan Tahap Awal dan Assesment RRI–Kriminogenik kepada 21 Anak Didiik Pemasyarakatan (ADP) LPKA Gorontalo.


PK Bapas melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas Pembinaan Tahap Awal) karena merupakan suatu penelitian sosial yang meliputi kondisi terkini seorang ADP setelah menerima salinan putusan pengadilan, kemudian dilanjutkan dengan suatu usulan program intervensi pembinaan bagi seorang ADP yang disesuaikan dengan program pembinaan yang ada di LPKA Gorontalo


Kondisi ADP perlu digali lebih dalam oleh PK Bapas agar mengetahui program apa saja yang dibutuhkan oleh ADP. Dalam penggalian data PK Bapas juga melakukan konseling psikososial untuk mempersiapkan ADP dalam memperbaiki kehidupannya. PK Bapas juga melakukan Asessmen bagi ADP karena Assesment RRI-Krimonogenik banyak manfaat diantaranya sebagai instrumen pencegahan pengulangan tindak pidana dan sebagai kunci keberhasilan membimbing klien.


Kabapas dan Kasubsi BKD juga hadir dalam melakukan pengawasan Litmas dan Assesmen yang dilakukan oleh PK Bapas terhadap ADP. Kabapas memberikan arahan kepada ADP “Litmas Pembinaan Tahap Awal dan Assesmen wajib diikuti oleh ADP agar memperoleh program pembinaan yang tepat diantaranya memperoleh Hak Pendidikan dan mendapatkan pelatihan keterampilan, oleh karena itu ikuti dengan baik Litmas dan Assesmen ini”


Kabapas selanjutnya menyampaikan kepada Ka. LPKA “Petugas PK kami selanjutnya akan membuat laporan hasil Penelitian Kemasyarakatan dan Assesmen serta dimasukkan ke Sidang TPP Bapas untuk memberikan rekomendasi guna kepentingan terbaik bagi Anak Didik Pemasyarakatan”

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support