Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Senin, 06 Desember 2021

PK Bapas Go lakukan Pendampingan Anak dalam Musyawarah Diversi, Berhasil capai Kesepakatan



Gorontalo (06/12/2021) - Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Bapas Gorontalo lakukan pendampingan musyawarah diversi dalam kasus pencurian pasal 362 KUHP yang dilakukan oleh Anak. Diversi merupakan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.


Pelaksanaan Diversi yang difasilitasi pihak Kepolisian Resor Gorontalo ini mempertemukan pelaku Anak dan walinya dengan korban. Turut hadir juga Pekerja Sosial (Peksos) Kabupaten Gorontalo serta Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas Gorontalo.


Pelaku Anak berinisial AN (16 tahun) sebelumnya diamankan oleh Polres Gorontalo karena diduga melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor.


Proses musyawarah diversi berjalan dengan baik dan lancar, diawali dengan penjelasan dari pihak Polres Gorontalo dan PK Bapas Gorontalo terkait mekanisme diversi, kemudian dilanjutkan dengan tanggapan oleh para pihak. 


Musyawarah diversi ini berhasil memperoleh kesepakatan, dimana pihak korban sudah memaafkan dengan syarat segala bentuk kerusakan barang (sepeda motor) dapat diperbaiki. Sementara dari pihak Pelaku Anak sendiri menyanggupi permintaan tersebut. Lebih jauh, orang tua Anak menginginkan agar Anak dapat dibina terlebih dahulu di LKS dengan bantuan bimbingan dan pengawasan dari PK Bapas sebelum Anak dikembalikan ke orang tua, agar Anak dapat berubah menjadi lebih baik.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support