Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Kamis, 09 Desember 2021

Diversi Klien Anak di Kejaksaan Berhasil, PK Bapas Selamatkan Masa Depan Anak



Gorontalo, Kamis (9/12) – Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Erwin Prakosa melaksanakan Pendampingan Diversi 2 klien Anak di Kejaksaan Negeri Kota Gorontalo dalam perkara pencurian.


Diversi yang dilaksanakan di Kejari Kota Gorontalo dihadiri oleh Jaksa, PK Bapas, Klien Anak, Keluarga Anak, Korban, Penasehat Hukum, Peksos. Klien Anak inisial DFP dan PA dijerat dengan pasal 362 KUHP jo 55 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun. Oleh karena itu perkara ini dapat diselesaikan secara Musyawarah Diversi.


PK Bapas sudah melaksanakan pendampingan sejak awal pemeriksaaan di Kepolisian Resor Gorontalo Kota hingga dilaksanakan Upaya Diversi antara kedua belah pihak. 30 November 2021 saat dilaksanakan Upaya Diversi, pihak korban menginginkan ganti rugi senilai 3 juta rupiah karena handphone yang dicuri oleh klien sudah dijual dan pihak keluarga klien Anak hanya mampu memberikan ganti rugi handphone senilai 1,5 juta rupiah dan uang tunai 500 ribu rupiah namun pihak korban tetap menginginkan ganti rugi penuh. Dalam Upaya Diversi di Kepolisian tersebut tidak menemukan titik temu, maka dinyatakan gagal dan dilanjutkan ke tahap II di Kejaksaan.


Dalam proses Upaya Diversi di Kejaksaan, berbagai pihak yakni Jaksa, PK Bapas dan Penasehat Hukum berupaya memberikan solusi dalam perkara ini agar dapat diselesaikan dengan baik dan menghindarkan klien Anak untuk diproses di Tahap Persidangan. Keluarga korban dapat menerima ganti rugi tersebut dan sudah dapat memaafkan klien Anak. Klien Anak meminta maaf kepada korban dan dilakukan proses penyerahan ganti rugi disaksikan oleh pihak yang hadir. Keluarga Anak juga mengucapkan terima kasih kepada PK Bapas, Jaksa dan Penasehat Hukum karena sudah membantu menyelesaikan perkara ini dengan damai.


Pembimbing Kemasyarakatan memberikan nasehat kepada klien Anak “lebih berhati-hati dalam pergaulan, tidak gampang terpengaruh tindakan yang buruk dari teman, diharapkan perkara ini adalah yang terakhir dan tidak mengulang kembali. Untuk orang tua agar lebih memperhatikan Anak khususnya dalam sisi pergaulan harus sering dipantau. Anak masih punya masa depan yang panjang, orang tua harus mendidik Anak dengan baik, memberikan contoh yang baik dan penuh kasih sayang".

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support