Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Rabu, 08 Desember 2021

Bapas Go ikuti Zoom Evaluasi Zona Integritas oleh TPN




Gorontalo – Balai Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo ikuti Zoom Evaluasi Zona Integritas oleh Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, Rabu (8/12).


Kabapas memperkenalkan diri terlebih dahulu kemudian meminta ijin untuk menampilkan yel-yel bersama seluruh Tim ZI Bapas Gorontalo. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Kabapas tentang seluruh progress dari  Pembangunan Zona Integritas selama satu tahun terakhir.


Dalam paparannya, Kabapas menyampaikan  porses pembangunan ZI dimulai dari Pokja Manajemen Perubahan dengan pencanangan Pembangunan ZI penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh Satker Pemasyarakatan di Lapas Kelas IIA Gorontalo pada tanggal 23 Februari 2021 dilanjutkan pencanangan Deklarasi Kinerja oleh seluruh pegawai Bapas pada tanggal 24 Februari 2021.


Pemaparan tentang Pokja Penataan Tata Laksana, Kabapas menyampaikan bahwa seluruh pelayanan telah dibuatkan SOP agar seluruh pengguna layanan di Bapas dapat mengetahui standar pelayanan yang diberikan. Kabapas melanjutkan dengan pemaparan tentang Pokja Penataan Sistem Manajemen SDM yakni terkait peningkatan ketaatan SDM aparatur , Tranparansi pengelolaan SDM, kedisiplinan SDM, evektivitas manajemen SDM dan Profesionalisme SDM.


Kabapas memaparkan tentang pokja Penguatan Akuntabilitas Kinerja yakni menjelaskan peningkatan kinerja utama dibandingkan dengan pelanggaran dan pelaksanaan aktivitas kerja. Kemudian menjelaskan peningkatan perencanaan dan pelaporan kinerja keuangan. Pada Pokja Sistem Pengawasan dijelaskan tentang peningkatan penyelenggaraan satker yang bersih dari Korupsi diantaranya sosialisasi Anti Korupsi kepada klien.


Pemaparan terakhir oleh Kabapas adalah Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dengan menjelaskan adanya upaya meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Di samping itu, peningkatan pelayanan publik untuk membangun kepercayaan masyarakat. 


Sesi selanjutnya adalah tanya jawab oleh Tim Penilai Nasional kepada Tim ZI Bapas Gorontalo. TPN memberi pertanyaan terkait pelayanan apa yang ada di Bapas Gorontalo, penjelasan tentang perbedaan antara Bapas dengan Lapas, dan upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kepala Balai Pemasyarakatan menjawab seluruh pertanyaan TPN dengan sangat lancar dan detail. Tim Penilai Nasional sangat mengapresiasi atas pemaparan dari Kabapas dan upaya meningkatkan Pembangunan Zona Integritas di Bapas Gorontalo.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support