Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Sabtu, 13 November 2021

Tetap Prima dan Produktif di Akhir Pekan, Bapas Go Terima Klien Bebas Asdir dan Integrasi dari Lapas

 


Gorontalo, Sabtu (13/11) – Pembimbing Kemasyarakatan melakukan proses penerimaan klien Asimilasi di Rumah (asdir) berjumlah 2 orang dari Lapas Pohuwato dan penerimaan klien PB dari Lapas Boalemo. Kegiatan penerimaan klien asdir dilakukan secara virtual Zoom mengingat jarak Lapas Pohuwato ke Bapas Go jauh dan untuk mempermudah pelayanan. Klien PB Lapas Boalemo diserah terimakan oleh petugas Lapas secara langsung di kantor Bapas Go.


Pelaksanaan penerimaan klien Asdir Lapas Pohuwato terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan berkas yang sebelumnya sudah dikirim melalui email dan whatsapp. PK Bapas Go memastikan bahwa penjamin masih ada hubungan keluarga dengan klien dan nomor telefon penjamin harus selalu aktif karena setiap seminggu sekali klien wajib untuk melapor melalui telefon atau videocall. Klien Asdir membacakan ikrar dihadapan petugas Lapas dan disaksikan secara virtual oleh PK Bapas. Diharapkan klien saat sampai di rumah untuk memberitahukan kepada PK Bapas berupa foto atau video sebagai bukti.


Penerimaan Klien Pembebasan Bersyarat dari Lapas Boalemo langsung diterima terlebih dahulu oleh petugas piket layanan sabtu. Berkas yang dibawa oleh petugas Lapas diperiksa terlebih dahulu kemudian dibuatkan berkas penerimaan di ruang Registrasi. Kemudian klien membacakan kontrak bimbingan disaksikan oleh Petugas Piket, Petugas Lapas dan Penjamin. Diharapkan selama menjalani program PB, klien dapat mematuhi peraturan. Setiap sebulan sekali wajib melapor ke kantor Bapas Go dengan membawa Kartu Melapor. Klien wajib datang ke kantor Bapas Go jika diundang dalam kegiatan yang berkaitan dengan pembimbingan kepribadian maupun kemandirian.


Klien Asdir dan PB merasa bahagia karena dapat berkumpul kembali kepada keluarganya. Kabapas selalu memberikan pesan kepada pegawai Bapas Go untuk selalu membantu klien dan terus melakukan pengawasan serta bimbingan kepada klien. Akan ada rasa kepuasan tersendiri jika kita bisa menolong orang lain dan diterima kembali oleh masyarakat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support