Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Jumat, 19 November 2021

Tempuh Jarak Ratusan Kilometer, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Go melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan

 


Gorontalo – Hari ini, Pembimbing Kemasyarakatan melaksanakan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) sebagai salah satu syarat reintegrasi, Jumat (19/11).


Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Boalemo, PK Bapas mengunjungi rumah penjamin, pihak Kantor Kepala Desa dan Kepolisian Sektor Boliyohuto. Litmas dijalankan sesuai amanat Permenkumham Nomor 2 Tahun 2018 tentang Syarat dan tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat. Maka, Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah memenuhi syarat telah menjalani 2/3 masa pidana dapat diusulkan memperoleh program reintegrasi.


Sebelumnya PK Bapas sudah melaksanakan penggalian data terhadap klien di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pohuwato. PK Bapas melakukan wawancara terhadap klien mengenai persiapan klien menuju reintegrasi, pembinaan yang didapatkan, mengukur rrsiko residivis untuk memastikan keamaan masyarakat. Penggalian data juga dilakukan terhadap petugas Lapas yang menjadi wali terhadap klien untuk mengetahui kegiatan serta pembinaan apa saja yang sudah dijalani oleh klien, sikap dan perilaku klien selama di dalam Lapas. 


Dengan dilaksanakannya Litmas Reintegrasi, PK Bapas dapat memberikan rekomendasi berupa jenis bimbingan yang tepat sasaran ketika klien sudah menjalani program reintegrasi. PK Bapas selalu berusaha secara profesional dalam bekerja dan semoga bisa bermanfaat bagi klien dan keluarganya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support