Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Selasa, 23 November 2021

PK dan APK Bapas Go Ikuti Sosialisasi Instrumen Asesmen Risiko dan Kebutuhan bagi Narapidana

  



Gorontalo, (23/11) Bapas Kelas II Gorontalo bersama Ipkemindo Wilayah Gorontalo menggelar kegiatan Sosialisasi Instrumen Asesmen Risiko dan Kebutuhan bagi Narapidana untuk Pembimbing Kemasyarakatan dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan di Aula Bapas Kelas II Gorontalo.


Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai Bapas Gorontalo, baik Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK).


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Wilayah Gorontalo ini untuk mensosialisasikan instrumen asesmen risiko dan kebutuhan bagi narapidana dan klien Pemasyarakatan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pemasyarakatan Nomor : PAS-71.PK.01.04.01 Tahun 2021.


Dalam sambutannya Kepala Bapas Kelas II Gorontalo, RM Dwi Arnanto menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus IPKEMINDO Wilayah Gorontalo atas pelaksanaan sosialisasi ini, yang tentunya dapat menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi PK dan APK di Bapas Kelas II Gorontalo, dimana tantangan tugas akan semakin berat dimasa yang akan datang, maka harus disikapi dengan sistem jemput bola dan tidak bosan untuk terus menimba ilmu.


Materi dipaparkan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Oktavianus Supardi yang sebelumnya diawali dengan pengenalan lewat salinan draft Asesmen versi terbaru. Kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan pentingnya menentukan tingkat risiko pada masing-masing narapidana dan klien untuk mengidentifikasi faktor kriminogenik serta menentukan program intervensi yang tepat sesuai kebutuhan.


Pada pemaparannya diperlihatkan perbedaan instrumen asesmen risiko yang cukup signifikan dari instrumen yang sebelumnya, utamanya terkait pola penggalian data informasi klien sesuai dengan risiko, jenis kelamin, dan tindak pidana yang dihadapi klien. 


Kegiatan Sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi oleh narasumber dengan peserta. Diskusi berjalan interaktif dan hangat. Harapannya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan bekal pemahaman kepada JFT PK dan APK Bapas Go agar lebih siap dan optimal dalam menjalankan tugasnya  sehingga intervensi program pembinaan dan pembimbingan bagi Warga Binaan maupun Klien Pemasyarakatan dapat lebih tepat sasaran dan maksimal.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support