Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Senin, 08 November 2021

PK Bapas Melaksanakan Pendampingan Sidang Anak di PN Gorontalo



Gorontalo, Senin (8/11) – Pembimbing Kemasyarakatan Muda Bapas Go melaksanakan pendampingan siding terhadap klien Anak di Pengadilan Negeri Gorontalo dalam kasus Perlindungan Anak. Agenda sidang kali ini adalah pembacaan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) oleh PK Bapas Go dan pembacaan dakwaan dari Jaksa.

Dalam agenda sidang hari ini dihadiri oleh Hakim, Jaksa, Pembimbing Kemasyarakatan, Penasehat Hukum, Pekerja Sosial, klien Anak dan Orang Tua. PK Bapas menyampaikan materi Litmas diantaranya latar belakang hingga terjadinya tindak pidana Perlindungan Anak.  Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku Anak diantaranya pola asuh orang tua, pengaruh lingkungan dan pertemanan. Diakhir pembacaan Litmas, PK Bapas menyampaikan hasil rekomendasi Litmas yang menjadi bahan pertimbangan Hakim dalam membuat Putusan. Diakhir  sidang, Hakim menyampaikan agenda sidang selanjutnya adalah menghadirkan barang bukti tindak pidana.

Dari kasus ini kita belajar bahwa begitu pentingnya pola asuh dan pengaruh lingkungan dalam perkembangan Anak dimasa yang akan dating. Maka dari itu, perlu adanya komunikasi positif dan pola asuh yang baik dari kedua orang tua sehingga anak dapat terhindar dari perbuatan melanggar hukum.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support