Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Jumat, 12 November 2021

PK Bapas Berhasil Laksanakan Diversi Klien Anak


Gorontalo, Jumat (12/11) – Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Laksamana Dian Ariawan melaksanakan pendampingan Diversi terhadap klien Anak di Unit Lalu Lintas Polres Gorontalo dalam perkara Lakalantas. 


Dalam agenda Diversi hari ini dihadiri oleh Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo, Pembimbing Kemasyarakatan, Pekerja Sosial, klien Anak dan orang tua klien, orang tua korban. Klien Anak atas nama YP (15) dijerat pasal 310 ayat (4) Undang-undang No. 28 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengakibatkan Korban meninggal dunia.


PK Bapas sejak dilakukan pendampingan awal kepada klien Anak menjelaskan “Orang Tua Korban sudah memaafkan dan menyetujui damai dengan keluarga klien Anak karena korban dan klien adalah teman dekat. Klien dan Korban sebelumnya berboncengan mengendari sepeda motor namun menabrak mobil yang dari arah berlawanan. Klien Anak mengakui bahwa pada saat itu sedang belajar mengendarai sepeda motor milik korban. Namun saat mengendarai sepeda motor, klien Anak dan Korban juga menggunakan Handphone. Hal ini yang menjadi penyebab kecelakaan”. Dalam proses Diversi ini keluarga Korban dan keluarga Anak sepakat untuk menempatkan klien Anak menjalani Pendidikan dan Pelatihan di LKS Ummu Syahidah selama 3 minggu. 


Kepolisian dan Pembimbing Kemasyarakatan berharap keluarga klien Anak dan keluarga Korban tetap menjalin silaturahmi dengan baik. Kasus yang menimpa klien Anak menjadi pelajaran berharga bagi kedua keluarga. Orang tua perlu melakukan pengawasan dan mendidik anak agar tidak mengendarai kendaraan bermotor karena belum berusia 17 tahun. Anak merupakan masa depan bangsa dan keluarga, anak memiliki masa harapan hidup yang baik dan panjang.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support