Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Rabu, 24 November 2021

Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Go Dampingi ABH di Tingkat Kepolisian

 



Gorontalo, Rabu (24/11) – Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Abdul Karim Bapas Go melaksanakan pendampingan pemeriksaan awal terhadap Anak AN (16) dalam perkara Pencurian 362 KUHP di Unit Reskrim Polres Gorontalo.


Pihak yang hadir dalam pemeriksaan awal diantaranya PK Bapas, Penyidik, Orang Tua Anak, Anak serta Peksos. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku Anak dalam tindak pidana adalah pola asur dari orang tua. Kedua orang tua Anak memiliki pola asuh yang otoriter yang membuat Anak merasa terkekang dan merasa tidak nyaman berada di rumah. Sehingga menyebabkan Anak lebih cenderung memilih bergaul dengan teman diluar lingkungannya yang dianggap lebih memahami diri seorang Anak.


Hal ini yang melatarbelakangi terjadinya tindak pidana untuk pertama kali oleh Anak yaitu Pencurian Sepeda Motor yang dilakukan di Pasar.  Dari perbuatan Anak diancam pidana paling lama 5 tahun, oleh karena itu dapat memenuhi syarat untuk dilakukan Diversi. Upaya Diversi ini bertujuan untuk mencapai perdamaian antara Korban dan Anak diluar proses peradilan yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu depan.


Para pihak berharap untuk proses Diversi yang akan datang dapat memperoleh kesepakatan yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support