Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Rabu, 03 November 2021

Klien Bapas Go Diberikan Pelatihan Kemandirian Cara Menanam Sayuran Hidroponik



Gorontalo, Kamis (4/11) - Klien wajib lapor Bapas Go diberikan pelatihan kemandirian cara menanam sayuran sawi hidroponik. Klien sebelumnya sudah melaksanakan bimbingan dan konseling dari PK Bapas dan memiliki bakat di bidang pertanian. Oleh karena itu PK Bapas Go memberikan pelatihan tersebut kepada klien.


Klien diberikan materi dan instruksi dari pegawai Bapas tentang cara menanam sayuran hidroponik. Bahan-bahan yang disediakan antara lain bibit sawi, spon, pot hidroponik, pipa, gunting, cutter, larutan nutrisi dan pisau. Klien diajarkan langsung oleh pegawai Bapas Go mempraktikkan cara menanam sawi. Bibit sawi ditanam di dalam spon yang sudah dilubangi dan diberikan nutrisi, kemudian dimasukkan kedalam pot. Kemudian bibit ditempatkan di media yang sebelumnya sudah dipakai agar tanaman mudah beradaptasi. Proses penanaman ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar akar sawi tidak terputus. Pemanenan memakan waktu kurang lebih 3 bulan setelah hari tanam, cara memanen langsung dicabut dari pot hidroponik.


Meskipun dalam cuaca panas, klien tetap semangat dan antusias karena telah diberikan pelatihan kemandirian penanaman sayuran hidroponik. Di akhir kegiatan, peserta menampilkan karyanya kepada Kabapas dan para pegawai Bapas Go. Kabapas berharap klien dapat mengaplikasikan di rumahnya mengingat klien memiliki lahan untuk menanam sayuran hidprononik. Kabapas juga menyampaikan kepada seluruh pegawai Bapas Go untuk ikut belajar cara menanam sayuran hidroponik untuk mempermudah dalam memberikan bekal pelatihan kemandirian.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support