Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Selasa, 05 Oktober 2021

Gandeng IPWL, PK Bapas Dorong Rehabilitasi Anak Pecandu Lem Aibon

Selasa (5/10) Pembimbing Kemasyarakatan bersama Peksos mendatangi rumah dari kedua orang tua Anak atas nama ARAPM dan SS. Bapas Go berkolaborasi dengan IPWL Ummu Syaidah melakukan screening terhadap klien Anak yang diduga masih menghirup Lem untuk dilakukan rehabilitasi secara mandiri.

Kedua klien Anak tersebut sebelumnya telah berhasil Diversi di PN Gorontalo Kota atas kasus pencurian dengan penetapan berupa ganti rugi oleh keluarga klien Anak dan telah dilunasi.

Latar belakang klien yang ternyata adalah seorang pecandu napza jenis lem aibon dan masih mengunakannya saat telah berhasil dilakukan upaya diversi menjadikan Pembimbing Kemasyarakatan perlu melakukan bimbingan lanjutan terkait dengan hal tersebut.

Berdasarkan permintaan dari orang tua klien untuk mengatasi ketergantungan klien anak terhadap lem aibon, PK Bapas melakukan komunikasi dengan Pokmas Lipas yang bekerja sama dengan Bapas Go yaitu IPWL Ummu Syaidah. 

IPWL Ummu Syaidah melalui peksos memiliki kompetensi dalam melakukan penanganan korban narkotika dan napza. Kegiatan ini  dilakukan jemput bola dan sekaligus melakukan screening langsung untuk melihat sampai seberapa parah klien Anak terkait dengan ketergantungan lem dan kondisi yang latar belakang keluarga secara langsung. PK Bapas dan Peksos juga memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada Anak dan orang tuanya untuk bisa mendukung rencana rehabilitasi bagi Anak sehingga bisa terbebas dari pengaruh lem.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik walaupun sempat terjadi penolakan dari klien Anak untuk dapat dilakukan rehabilitasi oleh IPWL Ummu Syaidah. Orang tua kedua klien sudah menyetujui terkait dengan program rehabilitasi dengan IPWL Ummu Syaidah tinggal melakukan penguatan kepada klien Anak untuk bersedia dengan sukarela untuk Rehabilitasi di IPWL Ummu Syaidah.

#Kumham
#HDKD
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support