Unit Pelaksana Teknis di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI

Jumat, 26 Maret 2021

TINGKATKAN KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN KLIEN PAS, BAPAS GORONTALO GELAR PELATIHAN KEMANDIRIAN

 




TINGKATKAN KOMPETENSI DANKETERAMPILAN KLIEN,BAPAS GO GELAR PELATIHAN KEMANDIRIAN

Bertempat di aula Bapas Go, Pelatihan Kemandirian bagi klien Bapas Go resmi dibuka. Kegiatan kemandirian budidaya Ikan air tawar dan budidaya tanaman hidroponik diikuti 20 klien per kegiatan. Pada pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Tjahja Rediantana, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan untuk membuka kegiatan.




Dalam sambutannya Tjahja mengapresiasi kegiatan pelatihan ini “Kegiatan ini sangat bagus, kami mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini agar klien dapat memiliki keterampilan yang dapat berguna dan menghasilkan di masyarakat”. Ujarnya Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pemateri. Kegiatan dilaksanakan di aula Bapas dan Ruang Bimbingan Klien Dewasa. Kegiatan akan diteruskan dengan praktek pada esok harinya.


Di hari kedua Klien Pemasyarakatan Bapas Go sebanyak 20 orang mengikuti kegiatan praktek budidaya ikan air tawar secara langsung. Di mentori oleh instruktur dari Dinas Perikanan Provinsi Gorontalo, klien dikenalkan dengan model kolam bioflok dan kolam beton. 20 Orang klien lainnya di tempat terpisah mengikuti Praktek lapangan Pelatihan Kemandirian Budidaya tanaman holtikultura dan pembuatan pakan ternak. Klien diajak turun langsung mempelajari tanaman holtikultura menggunakan teknik hidroponik dan aquaponik. Selain itu klien juga diajarkan pembuatan pakan ternak. Kegiatan sendiri dimentori langsung oleh instruktur dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo. Klien mengikuti kegiatan ini dengan antusias khususnya dalam membuat tanaman hidroponik.

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan pemberian sertifikat kepelatihan kepada seluruh klien pemasyarakatan Bapas Gorontalo. Dalam penutupan ini Kabapas Gorontalo memberikan sambutan sekaligus penegasan kepada Klien Bapas. ”Kita perlu menghapus stigma negatif rekan rekan klien semua, salah satunya dengan cara memberikan pelatihan ini. Dengan keterampilan yang kalian miliki diharapkan masyarakat tidak lagi memandang negatif rekan-rekan semua yang dapat berimplikasi pada kepercayaan masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan.” Tegas Dwi.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support